Teori dasar Listrik

Listrik,

saya rasa kalian sudah banyak tahu tentang listrik dibandingkan saya yang baru mengenal listrik sejak 19 Agustus 2008. Belum ada 2 tahun ternyata.

Menurut buku yang saya baca ;

setiap materi jika dipecah-pecahkan menjadi bagian-bagian kecil, maka bagian terkecilnya adalah atom.

berikut kutipannya, Atom adalah satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

Perbedaan jumlah elektron (Beda Potensial) antar atom menyebabkan adanya aliran elektron  antar atom, yang sering dikenal dengan “aliran listrik”. Jadi bisa didefinisikan, bahwa listrik adalah elektron yang mengalir karena adanya beda potensial.

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s