Alhamdulillah, telah selesai perjalanan orientasi kami (saya dan teman saya ‘Cap’) sebagai pelaksana pemeliharaan transmisi yang baru. Menjelajah pegunungan Argopuro yang membentang sepanjang Panji, Situbondo hingga Paiton, Probolinggo selama 6 hari.
Kumut-kumut, lemes, tapi telah kami lakukan sebaik mungkin walaupun kami bukan yang terbaik.

2 hari terakhir yang bermakna luar dalam bagi saya, atau mungkin si Cap juga.

Begitu banyak cara, hmmm…indah memang, tapi pelajarannya jauh lebih indah.

Kami naiki kembali T10 yang telah kami datangi kemarin, tak ada tempat parkir di kebon jagung itu, terpaksa sedikit makan jalan. Si Cap melangkahkan kakinya menuju gubuk di ujung jalan. Hampir ambruk tampaknya, tapi tak membuat khawatir penghuninya. Yup, seorang anak kecil 4 tahunan mungkin bersama ayah dan kakeknya. Merekalah penunggu gunung jagung di wilayah itu. Tanah perhutani yang mereka garap untuk kehidupan mereka.
Khawatir dengan tampang mereka yang sangar, nekat adalah jalan satu-satunya yang bisa kami andalkan. Kami masuki kebun mereka, dan kakek itu mendekat. Sungguh, beliau ramah dalam sangarnya. Kami menyesal, tapi tak kami lepas kewaspadaan kami hingga saya sampaikan,’saya titip tower, Pak?’ dan beliaupun menjawab,’Enggih-Enggih’. Kami bergegas pulang, cuaca membuat kami kepayahan.
Lewat di samping gubuknya lagi, tak nampak adek kecil yang kemarin membuat kami jauh bersyukur. Ingin sedikit melihat senyumnya. Tak berani kami melangkah masuk ke dalam gubuknya terlihat merebah lelah tubuh sang ayah. Semoga kamu menjadi apa yang kamu jawab saat orang bertanya tentang cita-citamu dek. Terima kasih atas wajah polosmu yang membuat kami tahu kalau kami harus bersyukur atas semua yang kadang kami tak terima.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s