BREATHER BAG (RUBBER BAG)

Sesuai namanya “BREATHER BAG”, adalah sebuah peralatan yang terbuat dari rubber (karet) yang berfungsi untuk memisahkan / mencegah bercampurnya udara luar dengan minyak yang berada di konservator trafo dengan prinsip pernapasan.

Bentuk dari breather bag akan menyesuaikan dengan bentuk dalam dari konservator.

Bagian-bagian breather bag :
1. Rubber bag
2. Hanger (Gantungan)
3. Flange (plendes)

1. Rubber Bag berbentuk seperti balon. Rubber bag berisi N2 yang berfungsi untuk mencegah bercampurnya udara luar dengan minyak dalam konservator secara langsung karena sifatnya yang kering dan ringan. Rubber bag berada di atas permukaan minyak, dan akan menyesuaikan bentuk dari ruang kosong dalam konservator sesuai dengan kenaikan level minyak. Dengan demikian udara luar tidak mendapatkan kesempatan mengisi ruang konservator, kecuali jika rubber bag sobek / bocor.

Udara luar yang masuk akan berkontaminasi dengan minyak dalam konservator yang akan mempengaruhi nilai DGA (Dissolve Gas Analyzer) atau kandungan gas dam minyak yang berujung pada turunnya nilai isolasi minyak.

Kenaikan level minyak dalam konservator disebabkan oleh cuaca dan arus (beban/gangguan). Saat pagi hari, beban trafo kecil dan suhu linkungan pun juga kecil sehingga level minyak mengalami penyusutan dan ruang dalam konservator menjadi lebih luas. Nah, ruang tersebut akan dipenuhi oleh rubber bag.

Saat level minyak naik, udara dalam rubber bag akan terdorong ke atas sehingga keluar melalui pipa – silica gel. Saat hal ini terjadi, maka akan muncul gelembung-gelembung udara pada minyak yang terpasang di ujung silica gel.

Saat level minyak turun, rubber bag akan mengisi tubuhnya dengan mengambil udara dari luar yang terlebih dahulu melewati silica gel sehingga volume udara dalam rubber bag mengembang dan rubber bag memenuhi ruang kosong dalam konservator.

2. Hanger, berfungsi untuk mencegah amblesnya rubber bag ke dalam minyak saat terjadi pengempisan akibat adanya kebocoran. Jika rubber bag bocor/sobek maka rubber bag akan dimasuki minyak dan ambles. Hal ini berpotensi menyebabkan lubang pipa antara konservator dan bucholtz tertutup sehingga menganggu naik turunnya level minyak.

3. Flange, sebagai penghubung antara rubber bag dengan udara luar melalu pipa yang diujungnya terdapat silica gel. Silica gel berfungsi untuk mencegah terjadinya pengembunan / mengcegah terjadinya kelembaban udara dalam rubber bag.

Dalam pelaksanaannya, ukuran rubber bag harus sesuai dengan ukuran konservator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s