Peluang bagi Lulusan SMK

UNTUK ALUMNI SMK yg belum kerja, hadirilah Job Matching Peluang Kerja Lulusan SMK
by Urip Setiawan on Thursday, 02 December 2010 at 07:32

Job Matching Peluang Kerja Lulusan SMK

suarasurabaya.net| Dinas Pendidikan Jawa Timur bakal menggelar Job Matching, 4-5 Desember di Jatim Expo Surabaya, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Ada 101 industri yang menawarkan peluang kerja bagi 7500 calon tenaga kerja dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan berbagai jurusan yang ada.

Menurut SUGIONO Panitia Job Macthing pada Suara Surabaya, Rabu (01/12), tidak tertutup peluang bagi siswa SMA yang ingin mencoba mencari pekerjaan. “Barangkali ada industri yang memang menyediakan lapangan kerja bagi lulusan SMA,”ujarnya.

Joba Matching, kata SUGIONO, dikemas sebagai media melihat prospek ke depan bagi lulusan SMK. Mereka akan tahu kompentensi apa yang dibutuhkan dunia industri.

Dari sisi manfaat, ujar SUGIONO yang juga Kepala SMKN 1 Surabaya, sekolah sebagai produsen akan puas kalau anak didiknya terserap di dunia usaha. Sementara itu, HARUN Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur menjelaskan jumlah SMK negeri dan swasta tercatat 1108.

Semua siswanya baik di SMK negeri dan swasta ada 527.405 siswa. Saat ini perkembangan siswa SMA di Jatim cukup bagus, yakni 52% siswa SMK dan 48% siswa SMA.

Mengenai prospek ke depan, HARUN memaparkan, SMK akan lebih baik Dari kurikulum yang ada, jenis program yang dibreakdown pusat kurang lebih 152 program keahilan.

“Tetapi di Jawa Timur sampai saat ini dengan kurikulum hampir 129 program keahilan yang sudah dilakukan di 38 kabupaten/kota. Melihat Job Matching karena banyak aspek yang bisa dilihat dan disimak,”tukas HARUN.

Tujuan Job Matching, tambah HARUN, mempertemukan tamatan SMK dengan dunia industri yang membutuhkan tamatan SMK. Sekaligus beri peluang untuk saling beinteraksi antara SMK dan dunia usaha industri.

Selama 2010, Pemprov Jatim membangun SMK baru yakni di Sampang, Bondowoso, Pasuruan, Pacitan dan Jombang. Dana yang disediakan Rp 15 milyar. Ini kepedulian Gubernur dalam pemerataan tentang potensi SMK sesuai sumber daya di sekitarnya.

“Kalau setiap kabupaten/kota mempunyai SMK, diharapkan para lulusan SMK tidak akan keluar dari wilayahnya,”pungkasnya. (tin)

sumber : www.kelanakota.suarasurabaya.net

2 thoughts on “Peluang bagi Lulusan SMK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s