Gas SF6 di Gardu Induk

sf6SF6 adalah rumus kimia dari Sulfur Hexafluorida. Ialah gas yang banyak digunakan di lingkungan PLN sebagai media isolasi dan pendingin pada ruang (chamber) pemutus PMT atau pada kompartement-kompartemen Gas Insulation Substation (GIS)

SF6 pada dasarnya adalah gas yang tidak beracun, tidak terbakar, tidak berbau, dan tidak berwarna. Ia mampu bertahan hingga pada suhu 500◦C.

Produk Dekomposisi (Decomposition Products)

Ketika terjadi pemutusan tenaga pada chamber PMT, akan timbul lompatan bunga api (arcing) antara ujung-ujung kontak yang kemudian diredam oleh gas SF6. Selama proses peredaman tersebut, gas SF6 bereaksi dengan arcing sehingga menimbulkan beberapa unsur lain, di antaranya adalah SO2 dan HF. Setelah benar-benar terbuka maka di antara kedua ujung kontak tersebut diisolasi oleh gas SF6.

HF merupakan asam yang bersifat korosif terhadap metal, hal ini tentunya tak baik untuk peralatan GIS yang material / bahan dari kompartemen adalah logam. Selain itu, produk dekomposisi dari pembakaran gas SF6 akan membuat kemurnian gas menjadi berkurang. Kemurnian (purity) gas SF6  dinyatakan dalam satuan persen (%). Berkurangnya kemurnian gas SF6 berdampak pada kualitas isolasi gas SF6. Oleh karena itu monitoring kualitas gas SF6 rutin dilakukan di peralatan kita.

Standar Purity Gas SF6 : ≥97 %

Standar dew point Gas SF6  : ≤-5◦C

(lihat SK.DIR114 – Buku Pedoman Pemeliharaan Pemutus Tenaga hal. 132)

Sejauh ini pada tempat kami belajar, monitoring yang dilakukan pada gas SF6 masih pada kemurnian (purity) dan titik pengembunan (dew point) karena peralatan yang masih terbatas. Meskipun demikian, dua pengujian tersebut haruslah dapat membantu tim analisis untuk memberikan rekomendasi tindakan untuk menjaga kualitas gas SF6 agar tetap bekerja dengan baik. Rekomendasi tindakan untuk memperbaiki kualitas gas SF6 diantaranya adalah dengan treatment / reklamasi / penggantian gas SF6.

To be continued….InsyaAllah

_____semoga bermanfaat_________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s