Gumitir dan sedikit tentangnya

Gumitir. Pernah dengar?

Gumitir ialah nama gunung di perbatasan Jember dan Banyuwangi. Ia bukan tempat wisata layaknya gunung Ijen dengan kawahnya atau Lawu dengan Sarangannya. Ia hanya gunung biasa yang menjadi sedikit luar biasa karena menjadi jalur utama penghubung dua kabupaten di ujung timur Jawa.

Masih tampak alami. Banyak pohon-pohon tua di kanan kiri jalan. Sebagian besar area di gunung ini dikelola warga setempat yang bekerja sama dengan PTPN. Kopi menjadi komoditas utama. Sempat beberapa waktu lalu mengintip sisi dalam gunung ini. Beberapa tempat tampak pangkal pohon tersisa. Entah untuk apa, belum ada pengganti di samping-sampingnya. Itu dulu, mungkin sekarang sudah meninggi. Bisa jadi. Atau bisa jadi juga lahan itu kini penuh juga dengan kopi. Bahan baku minuman yang banyak disukai penghuni bumi.

Di dekat tugu masuk Kabupaten Banyuwangi dibangunlah kafe yang kini ramai dikunjungi. Disana kita juga dapat belajar sejarah kopi dari masa Belanda hingga kini. Sekedar memberi tahu bahwa di Gumitir teman-teman akan temui area-area perkebunan dengan nama yang kelondo-londoan. Semacam Glenmore dan Glenfalloch. Pun banyak turis dari Belanda yang berkunjung ke tempat yang dulu pendahulunya pernah berkuasa di sana.

Sedang jika kita berangkat dari Banyuwangi menuju Jember, masuk daerah Garahan, banyak pohon pinus menjulang yang hijaukan mata. Di tebing banyak pipa-pipa penyalur air bersih dari sumbernya. Nyesss…

Ada juga stasiun pemancar RRI di atas tikungan, maaf, bokong semar. Pun pabrik pengolahan getah pinus. Pabrik ini mendapat suplai getah pinus dari warga. Banyak pula hasil hutan / kebun lain yang dapat diambil dari Gumitir.

Ingat, tetaplah berhati-hati di sepanjang gumitir tebing rawan longsor. Dan tetaplah bersabar jika harus macet karena tak jarang kendaraan besar seperti bis dan truk, atau bisa juga kendaraan kecil mengalami kendala di tengah jalan. Silakan beristirahat di tepian tebing, banyak warung yang tawarkan anekaย  wedang kopi.

Selamat bergumitir ria. Utamakan selamat dan santun di perjalanan.๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s