Hati (yang) Kecil

Hati kecil,

Kawan, pernah kah kalian mendengar istilah hati kecil?

Dalam hati kecil  selalu ada rasa yang berbeda atas sikap kita terhadap satu dua masalah. Kita bisa bersikap A terhadap satu masalah, tapi dalam hati kecil kita bisa saja bersikap B. Tak harus berlawanan, tapi mungkin hati kecil kita sering berkata,”bersikaplah lebih baik.”

Hati kecil, ia tempat kita menyimpan satu harapan. Harapan yang mungkin jarang atau bahkan tak kita kita sampaikan pada saudara, keluarga, atau sahabat kita. Harapan yang memang kita simpan dalam hati kecil kita, untuk kita sampaikan pada Pencipta harapan, pada Pemberi Harapan, pada sebenar-benar tempat berharap.

Hati kecil selalu jujur. Sebaik apapun akal memoles alasan atas kesalahan kita, hati kecil tak pernah tak jujur. Ia akan berkata salah untuk hal yang salah, benar untuk yang benar. “Jujur, dalam hati kecil saya sebenarnya tak seharusnya saya begini begitu.”

Kawan, ketika hati kita sesak, bisa jadi kita butuh tempat untuk mencurahkan isi hati. Ya, mungkin selama ini sikap kita tak selaras dengan isi hati. Kita berbohong pada diri sendiri, berbohong pada hati. Atau bisa jadi juga hati kita mulai sakit. Jika benar begitu, segeralah berobat agar sehat kembali hati, agar tak sempit terasa hidup ini. Jika hati mati, entahlah, tak ada yang lebih aku khawatiri kecuali hatiku sendiri. Kawan, semoga Allah sehatkan hati kita. Aamiin.

Sebaik-baik tempat untuk mencurahkan isi hati adalah pada penciptanya. Sebaik-baik obat hati adalah dengan mengingati-Nya ; yang menguasai hati, yang membolak-balikkan hati, yang mengetahui apa-apa yang tersembunyi di dalam hati.

“… Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang” (QS 13:28).

Kawan, “Bertanyalah pada hatimu…”, begitu kata teladan kita. Atas setiap kata terucap, atas setiap langkah terayunkan, atas setiap suap termakan, atas setiap niat yang hendak diwujudkan, atas setiap harta tersimpan, atas setiap perbelanjaan, atas setiap waktu terlewatkan, atas prasangka tersembunyikan,  bersiaplah untuk mempertanggung jawabkan.🙂

Kawan, bertanyalah pada hatimu.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s