Tausiyah ustad Abdullah Shaleh Hadromi

Keutamaan majelis : dipuji Allah di depan malaikat, diampuni dosa, disukai dan dihadiri malaikat sambil membentangkan sayap. 

At Tambahan 36-37

Dalam satu tahun ada 12 bulan, 4 diantaranya adalah bulan haram : Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, Rajab. 

10 hari pertama Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. 

QS Al Fajr 2, Allah bersumpah dengan malam2 yg 10,menurut Ibnu Katsir menyebut riwayat dr salafussaleh bahwa maksud dr malam2 yang 10 adalah 10 malam pertama bulan Dzulhijjah. QS Al Haji 28, supaya mereka berdzikir kepada Allah pada hari2 yang ditentukan. Menurut Ibnu Katsir adalah 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. 

Dlm Hr Bukhori, tidaklah hari2 yang amalan sholeh paling Allah cintai selain 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Sahabat bertanya, lebih afdhol mana dengan berjihad? Jawab rasul, tidak juga dengan berjihad. Lebih afdhol beramal Shaleh pada 10 hari pertama Dzulhijjah. 

Dalam hadits lain, 10 hari pertama Dzulhijjah adalah hari2 di dunia yang paling afdhol. Dalam riwayat lain disebutkan sebagai hari yang paling agung. 

Said bin Jubair rahimahullahu taala seorang tabi’in mempraktikkan dengan bersungguh – sungguh dalam beramal sholeh sehingga seolah tak mampu lagi. Ulama melakukan perbandingan, lebih afdhol mana 10 hari pertama Dzulhijjah dgn 10 hari terakhir Ramadhan. Hasilnya sama, 10 hari pertama Dzulhijjah utama pada siang hari. Sedangkan 10 hari terakhir ramadhan utama pada malam hari. 

Apa sebab keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah. Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, karena terkumpul di dalamnya ibadah2 inti: shalat (idul Adha), puasa, shadaqah, haji. 

Amalan:

Menurut ulama ada 2, amalan umum dan amalan khusus. 

Amalan umum : banyak beramal Shaleh, taubat, tinggalkan maksiat. Satu amalan yg sering kita abaikan : a’malun qulub. Amalan hati. Contohnya: dalam sebuah hadits yg shahih. Ada seorang sahabat yang disebut2 oleh Nabi sebagai ahli surga selama 3 hari berturut2 ketika berkumpul dengan para sahabat yang lain. Seorang sahabat Abdullah bin Amr Al Ash penasaran dengan sahabat yang disebut, beliau menginap dengan shbt tersebut. Tidak ada amalan istimewa kecuali ketika terjaga di malam hari ia berdzikir lalu tidur lagi. Sahabat Abdullah bertanya kepada sahabat tersebut dan dijawab bahwa aku tidak punya amalan selain yang engkau lihat. Hanya saja aku tidak memiliki rasa benci, iri, dengki kepada muslim yang lain. 

Dalam sebuah hadits, Sahabat bertanya bahwa ada seorang perempuan ahli ibadah tetapi suka mengganggu tetangga. Jawab nabi, ia akan masuk neraka. 

Sifat Hasad cenderung terjadi pada orang-orang sesama profesi.  

Amalan khusus : 

  1. Haji dan Umrah. Keutamaan haji diantaranya adalah pelebur dosa. Rasulullah saw bersabda barang siapa pergi haji tanpa melakukan rafats maka sepulangnya ia bagaikan bayi yang baru lahir. 

Dalam sebuah hadits disebut bahwa setiap langkah unta untuk berhaji dicatat 1 kebaikan dan dihapuskan 1 keburukan. Seandainya dosa sebanyak pasir maka akan dicuci oleh Allah. Ketika melempar jumrah, ganjarannya disimpan dan akan diberikan ketika dibutuhkan. Ketika dipotong rambutmu maka dihapus dosa sebanyak helai rambut. Ketika thowaf maka dihapuskan dosa hingga seperti bayi baru lahir. 

Tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga. 

Kiat mabrur : 

  1. ikhlas, 
  2. Mengikuti manasik haji rasulullah 
  3. Harta yang halal untuk berhaji
  4. Banyak berbuat baik 

2. Dari Hafshah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam berpuasa 9 hari awal bulan Dzulhijjah tgl 1-9.

3. Puasa hari Arafah 9 Dzulhijjah 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, aku berharap Allah menghapus dosa setahun sebelum dan sesudah. 

4. Takbiran 

  1. Takbir muqoyyam dari subuh Arafah hingga hari terakhir tasyriq
  2. Takbir mutlak  sunnah dari tgl 1 Dzulhijjah 

Sahabat ketika masuk tgl 1 masuk ke pasar untuk bertakbir mengingatkan orang-orang di pasar

5. Shalat Idul Adha 

Rasulullah mempersilakan wanita2 haid untuk datang agar mendapat bagian syiar 

6. Berkurban. 

Dalam sebuah hadits shahih, orang yang diberi rizki dan mampu berkurban tapi tidak berkurban maka ia tidak boleh mendekat ke mushola. 

Orang yang hendak berkurban dilarang memotong kuku, rambut, kulit mulai tgl 1 Dzulhijjah hingga qurban nya disembelih. Hanya bagi yang berkurban. 

Hikmahnya adalah menyerupai amalan ihram. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s